Minggu, 24 April 2016

Weather Station

Weather Station

weather-station.jpgWeather station adalah pengamatan cuaca dengan instrumen dan peralatan pengujian cuaca untuk mengamati kondisi atmosfer Bumi untuk memberikan informasi prakiraan cuaca suatu wilayah atau tempat dan juga untuk mempelajari cuaca & iklim suatu wilayah/daerah.

Spesifikasi dan Komponen
Tipe AWS yang digunakan oleh BPPT adalah tipe Vaisala MAWS-201 dengan komponen sensor yang terpasang adalah sensor suhu dan kelembaban (QMH101), tekanan (PMT16A), angin (QMW101), radiasi matahari (QMS101), dan hujan (34-T). Gambar 1 adalah gambar AWS lengkap dengan sensor-sensornya.

Pengamatan yang diambil dengan alat uji cuaca adalah suhu, tekanan udara, kelembaban, kecepatan angin, arah angin, curah hujan,  radiasi dan tingkat kebasahan atmosfer.  Pengamatan ini sangatlah berguna bagi suatu wilayah atau tempat dan industri terutama industri transportasi.

Weather station atau pengamatan cuaca seperti ini dapat dilakukan secara manual dan otomatis dengan alat uji cuaca. Pengamatan manual setidaknya dilakukan satu hari sekali untuk melaporkan keadaan cuaca hari tersebut, sedangkan pengamatan otomatis dapat dilakukan satu jam sekali untuk melihat perubahan kondisi cuaca suatu tempat atau wilayah


Pemasangan Peralatan
Pemasangan peralatan AWS cukup mudah. Persyaratan dalam melakukan pemasangan AWS tidak berbeda jauh dengan pemasangan ARG. Detail pemasangan AWS dapat dilihat pada modul presentasi pemasangan AWS, Secara berurutan, garis besar yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut :
  • Memasang tripod atau kaki penyangga AWS dan mengatur ketinggian tripod serta mengarahkan solar panel ke arah Selatan
  • Memasang sensor-sensor, serta pengkabelannya
  • Memasang baterai atau power supply dan menghubungkannya dengan solar panel
  • Menghubungkan AWS dengan Komputer untuk melakukan kalibrasi sensor angi


Peralatan AWS dengan komponen sensor yang terpasang


Adapun cont

Tidak ada komentar:

Posting Komentar