Senin, 25 April 2016

Metal Detector

Metal Detector


m
etal detector lebih umunya yang kita ketahui atau pun yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah alat untuk mendeteksi adanya kandungan metal (besi, stainless, dan jenis logam lainnya) pada suatu objek. Metal detector biasanya yang kita ketahui dipakai untuk sistem keamanan di bandara, gedung kenegaraaan, hotel, dll. Metal detector merupakan sebuah instrument elektronik yang memanfaatkan mekanisme elektromagnetik untuk melacak kandungan metal pada sebuah objek. Umumnya metal detector terdiri dari 3 komponen utama, yaitu: Transmitter coil, Receiver coil, Standard wave analyzer.


Apabila terjadi perubahan gelombang yang tidak sesuai, maka akan di baca sebagai metal yang mengganggu, dan di deteksi adanya metal yang lewat di sebagian lubang metal detector. Detektor Logam / Metal Detector digunakan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi logam yang ada di dalam/dibawah permukaan tanah. Spektrum penggunaan sangat luas, mulai kepentingan militer dan non militer. 


Adapun cara pemasangan alat metal detector dengan baik antara lain :
  • Dengan memperhatikan lingkungan disekitar kita, apakah terdapat gelombang elekromagnetik (contohnya seperti dekat dengan inverter, atau installasi listrik yang kurang bagus) 

Dengan memperhatikan hal tersebut maka metal detector akan bekerja dengan optimal. Dan adapun yang menyebabkan kinerja metal detector menurun ialah gangguan konveyor, konveyor belt yang aus, gesekan dengan mesin yang lain, atau perubahan produk yang tidak sesuai dengan pada saat seting metal detector dilakukan. penambahan mesin lain atau perubahan line produksi yang tidak sesuai juga merupakan salah satu penyebab turunnya kinerja metal detector.


Pentingnya metal detector untuk industri. Atau pun kegunaan dari metal detector yaitu untuk industri obat-obatan, industri tekstil harus melewati mesin detector juga, Checkweigher adalah mesin otomatis atau manual untuk memeriksa berat packaged commodities yang harus melewati alat detector.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar